Senin, 02 Mei 2011

tugas blog kkpi

I. HARDWARE (PERANGKAT KERAS KOMPUTER)

 Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu, Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan
melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk(CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia.
Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.


DEFINISI KOMPUTER


Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer(computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung

(to compute atau toreckon).

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.


Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.


Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi,

menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi(output).


Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data

elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP).

Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.


Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.


SISTEM KOMPUTER


Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.


Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak(software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri,.


perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.


Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan.


Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.



STRUKTUR dan FUNGSI KOMPUTER

Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok pada Gambar 2.1.


Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur.


Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai

berikut:

1. Input Device (Alat Masukan)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
perintah ke dalam komputer.

2. Output Device (Alat Keluaran)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

3. I/O Ports

Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem.
Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

4. CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi
operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah
data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

5. Memori

Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori
internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program
yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang
haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

6. Data Bus

Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

7. Address Bus

Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

8. Control Bus

Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus,Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.

INPUT DEVICE


Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.


Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus,Alat yang demikian disebut sebagai terminal.


Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi.


Terminal dapat digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan intelligent terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal. Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal dapat diprogram oleh pemakai.


Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.

Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition,optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera),voice recognizer
(misalnya microphone).

Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch

yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.


Penggunaan Keyboard

Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.



Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang(punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh(Teletype).


Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan

pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.

Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alphabet) A – Z, a – z,

angka (numeric) 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : `
~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ |, tombol fungsi
(F1 – F12), serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.

Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik.


Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat

memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya.

Keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard.

Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.

Penggunaan Mouse

Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan "Mouse" dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya.



Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan

penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).

Jika kita hanya menggerakkan pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara horisontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertikal yang digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan

menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai
dengan arah mouse yang kita gerakkan.
Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi,yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk.
Komputer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang tidak penting.

Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal istilah "Drag" yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya, salah satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah(tersalin) ke obyek lain dan terdapat kemungkinan lainnya.


Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang kita jalankan. Mouse terhubung dengan komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer.



Penggunaan Scanner

Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi.
Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat
dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian
dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
Bentuk dan ukuran scanner bermacammacam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc.



Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks

cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC).

Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.


Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.

Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya.
Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.

Cara kerja Scanner :

Ketika kamu menekan tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah :

1. Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin

scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.

2. Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiiman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.


3. Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.


4. Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.


5. Apabila hasil atau tampilan teks / gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lain- lain. pot scanned.


Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :


1. Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja.

2. Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warnawarna tersebut adalah merah, hijau dan biru.

Scaner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit / angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Nah, bila kita membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurtkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.


Digital Camera




Salah satu input device yang sedang marak belakangan ini adalah digital camera. Dengan adanya alat ini, kita dapat lebih mudah memasukan

data berupa gambar apa saja, dengan ukuran yang relatif cukup besar, ke dalam komputer kita. Digital camera yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis camera untuk mengambil gambar statis, sampai dengan camera yang dapat merekam gambar dinamis seperti video.

Mic (Microphone)




Kalau camera digunakan untuk memasukkan input berupa gambar (dan

suara), maka mic digunakan hanya untuk memasukkan input berupa
suara. Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkat keras
tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card, dan
speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.

OUTPUT DEVICE

Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf,angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

Peralatan output dapat berupa:

Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.

Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.

Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer,plotter, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel,dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.


Printer dan Plotter

Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil
proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki
berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman
hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun
beragam.
Tetapi, untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran
yang sangat besar, digunakanlah plotter.

Monitor

Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah
berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

Infocus


Infocus hampir sama dengan monitor.

Fungsinya adalah untuk menampilkan
gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan obyek lain sebagai media penerima pancaran singnal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang). Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.

CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT)

CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada
komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro).
Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam
dunia dagang, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan
pembuatnya dan umumnya ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal
pemroses Intel 80486 DX2-400 (buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400
yang dikenal dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal
dengan komputer Pentium I), Intel Pentium II-350, Intel Pentium III-450,
Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya. Masing-masing produk ini
mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan
unit aritmatika dan logika (ALU). Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang
berukuran kecil yang disebut dengan register.

CU (Control Unit) / Unit Kendali

Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada
pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input
menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat
output. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program
komputer, membawa data dari alat input ke memori utama, dan mengambil
data dari memori utama untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan
aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim
instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit
kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.
Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. •

Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.

Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk
diproses.
Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau
perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
Menyimpan hasil proses ke memori utama.


ALU (Arithmatic and Logic Unit)


Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi

sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar
penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi
program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika
tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).
Register
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang
digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi
lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama. Secara
analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data
secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan
kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan
dan perbandingan logika.
Program yang berisi kumpulan dari instruksi-instruksi dan data diletakkan di memori utama yang
diibaratkan sebagai sebuah meja. Kita mengerjakan program tersebut dengan memproses satu per
satu instruksi-instruksi yang ada di dalamnya, dimulai dari instruksi yang pertama dan berurutan
hingga yang terakhir. Instruksi ini dibaca dan diingat (instruksi yang sedang diproses disimpan di
register).
Misalnya instruksi berbunyi HITUNG C = A + B, maka kita membutuhkan data untuk nilai A dan B
yang masih ada di meja (tersimpan di memori utama). Data ini dimaca dan masuk ingatan kita (data
yang sedang diproses disimpan di register), yaitu misalnya A bernilai 2 dan B bernilai 3. Saat ini
ingatan otak kita telah tersimpan suatu instruksi, nilai A, dan nilai B, sehingga nilai C dapat dihitung
yaitu sebesar 5 (proses perhitungan ini dilakukan di ALU). Hasil dari perhitungan ini perlu
dituliskan kembali ke meja (hasil pengolahan disimpan kembali ke memori utama). Setelah semua
selesai, kemungkinan data, program, dan hasilnya disimpan secara permanen untuk keperluan di lain
hari sehingga perlu disimpan di dalam lemari kabinet (penyimpanan sekunder).
Dengan demikian, ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer, yaitu:
1. Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
2. Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan
hasil pengolahan.
3. Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.
Ada banyak register yang terdapat pada CPU dan masing-masing sesuai dengan fungsinya. Di
bawah ini akan diberikan penjelasan secara garis besar dari masing-masing register:
1. Instruction Register (IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.
2. Program Counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi
dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan
instruksi oleh CPU, isi dari PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi
instruksi berikutnya yang mendapat giliran akan diproses, sehingga bila pemrosesan
sebuah instruksi selesai maka jejak instruksi selanjutnya di memori utama dapat dengan
mudah didapatkan.
3. General purpose register, yaitu register yang mempunyai kegunaan umum yang
berhubungan dengan data yang sedang diproses. Sebagai contoh, register jenis ini yang
digunakan untuk menampung data yang sedang diolah disebut dengan operand register,
sedang untuk menampung hasil pengolahan disebut accumulator.
4. Memory data register (MDR) digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil
pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yang akan direkam ke
memori utama dari hasil pengolahan oleh CPU.

5. Memory address register (MAR) digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi

pada memori utama yang akan diambil atau yang akan diletakkan.
Sebagai tambahan dari register, beberapa CPU menggunakan suatu cache memory yang mempunyai
kecepatan sangat tinggi dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien dan mengurangi waktu yang
terbuang. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data atau instruksi diterima dari
memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama baru proses
selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori utama lebih lambat dibanding kecepatan
register sehingga akan banyak waktu terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah blok
informasi pada memori utama dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu
berhubungan dengan cache memory.

II. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK) 

Software Komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun dalam perkembangannya. Berdasarkan perkembangannya, Sejarah Perkembangan Software Komputer dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut adalah Sejarah Perkembangan Software Komputer :
1. Era Pioneer. Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.
2. Era Stabil. Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .
3. Era Mikro. Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)
4. Era Modern. Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.



III. MICROSOFT WORD

Sejarah

Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. untuk
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWriteMacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya. dan
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

[sunting] Tahun 1990-1995

Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.

Sejarah

Asal dan pertumbuhan: 1981-1995

In 1981, Microsoft hired Charles Simonyi , the primary developer of Bravo , the first GUI word processor, which was developed at Xerox PARC . [ 4 ] Simonyi started work on a word processor called Multi-Tool Word and soon hired Richard Brodie , a former Xerox intern, who became the primary software engineer. [ 4 ] [ 5 ] [ 6 ] Pada tahun 1981, Microsoft menyewa Charles Simonyi , pengembang utama Bravo , yang pertama GUI pengolah kata, yang dikembangkan di Xerox PARC . [4] Simonyi mulai bekerja pada sebuah pengolah kata yang disebut Multi-Tool Word dan segera menyewa Richard Brodie , seorang mantan Xerox magang, yang menjadi software engineer utama. [4] [5] [6]
Microsoft Word 5.0 for DOS. Microsoft Word 5.0 untuk DOS.Versions 1.0 to 4.0 had a similar user interface. Versi 1,0-4,0 memiliki antarmuka pengguna yang sama.
Microsoft announced Multi-Tool Word for Xenix [ 4 ] and MS-DOS in 1983. [ 7 ] Its name was soon simplified to Microsoft Word . [ 1 ] Free demonstration copies of the application were bundled with the November 1983 issue of PC World , making it the first program to be distributed on-disk with a magazine . [ 1 ] [ 8 ] Unlike most MS-DOS programs at the time, Microsoft Word was designed to be used with a mouse, [ 7 ] and it was able to display some formatting, such as bold, italic, and underlined text, although it could not render fonts . [ 1 ] It was not initially popular, since its user interface was different from the leading word processor at the time, WordPerfect . Microsoft mengumumkan Multi-Tool Word untuk Xenix [4] dan MS-DOS pada tahun 1983. [7] Namanya segera disederhanakan untuk Microsoft Word. [1] salinan demonstrasi Bebas aplikasi yang dibundel dengan edisi November 1983 PC World , membuat program pertama yang didistribusikan pada-disk dengan majalah . [1] [8] Tidak seperti program MS-DOS paling pada saat itu, Microsoft Word dirancang untuk digunakan dengan mouse, [7] dan mampu menampilkan beberapa format, seperti tebal, miring, dan bergaris bawah teks, walaupun tidak bisa membuat font . [1] Ia awalnya tidak populer, karena antarmuka pengguna yang berbeda dari pengolah kata terkemuka pada saat itu, WordPerfect . However, Microsoft steadily improved the product, releasing versions 2.0 through 5.0 over the next six years. Namun, Microsoft terus membaik produk, merilis versi 2.0 melalui 5.0 selama enam tahun ke depan.
In 1985, Microsoft ported Word to the Macintosh . Pada tahun 1985, Microsoft porting Word ke Macintosh . This was made easier by the fact that Word for DOS has been designed for use with high-resolution displays and laser printers, even though none were yet available to the general public. [ 9 ] Following the precedents of LisaWrite and MacWrite, Word for Mac added true WYSIWYG features. Ini dibuat lebih mudah oleh kenyataan bahwa Firman untuk DOS telah dirancang untuk digunakan dengan tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun tidak ada yang belum tersedia untuk masyarakat umum. [9] Setelah preseden LisaWrite dan MacWrite, Word untuk Mac tambah benar WYSIWYG fitur. After its release, Word for Mac's sales were higher than its MS-DOS counterpart for at least four years. [ 4 ] Setelah rilis,'s Word untuk penjualan Mac lebih tinggi daripada rekan MS-DOS untuk setidaknya empat tahun. [4]
The second release of Word for Macintosh, shipped in 1987, was named Word 3.0 to synchronize its version number with Word for DOS; this was Microsoft's first attempt to synchronize version numbers across platforms. Pelepasan kedua Word untuk Macintosh, dikirim pada tahun 1987, bernama Word 3.0 untuk menyinkronkan nomor versinya dengan Word untuk DOS, ini adalah usaha pertama Microsoft untuk sinkronisasi nomor versi di seluruh platform. Word 3.0 included numerous internal enhancements and new features, including the first implementation of the Rich Text Format (RTF) specification, but was plagued with bugs. Word 3.0 termasuk berbagai perangkat tambahan internal dan fitur baru, termasuk implementasi pertama dari Rich Text Format RTF) spesifikasi (, tapi terganggu dengan bug. Within a few months Word 3.0 was superseded by a more stable Word 3.01, which was mailed free to all registered users of 3.0. [ 9 ] After MacWrite , Word for Mac never had any serious rivals on the Mac. Dalam beberapa bulan Word 3.0 digantikan oleh Word 3,01 lebih, stabil yang dikirim bebas untuk semua pengguna terdaftar dari 3.0. [9] Setelah MacWrite , Word untuk Mac tidak pernah punya saingan serius pada Mac. Word 5.1 for the Macintosh, released in 1992, was a very popular word processor owing to its elegance, relative ease of use and feature set. Word 5.1 untuk Macintosh, dirilis pada tahun 1992, adalah sangat populer pengolah kata karena keanggunan, relatif mudah penggunaan dan fitur ditetapkan. Many users say its the best version of Word for Mac ever created. [ 9 ] [ 10 ] Banyak pengguna mengatakan terbaik versi Word untuk Mac yang pernah dibuat. [9] [10]
In 1986, an agreement between Atari and Microsoft brought Word to the Atari ST [ 11 ] under the name Microsoft Write . Pada tahun 1986, perjanjian antara Atari dan Microsoft Word dibawa ke Atari ST [11] dengan nama Microsoft Write. The Atari ST version was a port of Word 1.05 for the Apple Macintosh [ 12 ] [ 13 ] and was never updated. Versi Atari ST adalah pelabuhan 1,05 Word untuk Macintosh Apple [12] [13] dan tidak pernah diperbarui.
The first version of Word for Windows was released in 1989. Versi pertama dari Word untuk Windows dirilis pada tahun 1989. With the release of Windows 3.0 the following year, sales began to pick up and Microsoft soon became the market leader for word processors for IBM PC-compatible computers. [ 4 ] In 1991, Microsoft capitalized on Word for Windows' increasing popularity by releasing a version of Word for DOS, version 5.5, that replaced its unique user interface with an interface similar to a Windows application. [ 14 ] [ 15 ] When Microsoft became aware of the Year 2000 problem , it made Microsoft Word 5.5 for DOS available for download free. Dengan rilis Windows 3,0 tahun berikutnya, penjualan mulai mengambil dan Microsoft segera menjadi pemimpin pasar untuk pengolah kata untuk PC yang kompatibel dengan komputer IBM. [4] Pada tahun 1991, Microsoft Word memanfaatkan untuk 'meningkatkan popularitas Windows dengan merilis sebuah versi Word untuk DOS, versi 5.5, yang menggantikan user interface yang unik dengan tampilan yang mirip dengan sebuah aplikasi Windows. [14] [15] Ketika Microsoft menjadi sadar akan masalah 2000 Tahun , itu membuat Microsoft Word 5.5 untuk DOS yang tersedia untuk di-download gratis. As of November 2010, it is still available for download from Microsoft's web site. [ 16 ] Pada November 2010, masih tersedia untuk di-download dari situs web Microsoft. [16]
In 1991, Microsoft embarked on a project code-named Pyramid to completely rewrite Microsoft Word from the ground up. Pada tahun 1991, Microsoft memulai sebuah proyek kode nama Piramida untuk menulis ulang sepenuhnya Microsoft Word dari bawah ke atas. Both the Windows and Mac versions would start from the same code base. Baik versi Windows dan Mac akan mulai dari basis kode yang sama. It was abandoned when it was determined that it would take the development team too long to rewrite and then catch up with all the new capabilities that could have been added in the same time without a rewrite. Saat itu ditinggalkan saat dipastikan bahwa mereka akan mengambil tim pengembangan terlalu lama untuk menulis ulang dan kemudian mengejar ketinggalan dengan semua kemampuan baru yang dapat telah ditambahkan dalam waktu yang sama tanpa menulis ulang. Instead, the next versions of Word for Windows and Mac, dubbed version 6.0, both started from the code base of Word for Windows 2.0. [ 10 ] Sebaliknya, versi-versi selanjutnya Word untuk Windows dan Mac, dijuluki versi 6.0, baik mulai dari basis kode dari Word for Windows 2.0. [10]
With the release of Word 6.0 in 1993, Microsoft again attempted to synchronize the version numbers and coordinate product naming across platforms, this time across DOS, Macintosh, and Windows (this was the last version of Word for DOS). Dengan rilis Word 6.0 pada tahun 1993, Microsoft kembali mencoba untuk melakukan sinkronisasi nomor versi dan penamaan produk mengkoordinasikan seluruh platform, kali ini di DOS, Macintosh, dan Windows (ini adalah versi terakhir dari Word for DOS). It introduced AutoCorrect, which automatically fixed certain typing errors, and AutoFormat, which could reformat many parts of a document at once. Memperkenalkan AutoCorrect, yang secara otomatis tetap kesalahan mengetik tertentu, dan AutoFormat, yang dapat memformat banyak bagian dari sebuah dokumen sekaligus. While the Windows version received favorable reviews (eg, [ 17 ] ), the Macintosh version was widely derided. Sementara versi Windows diterima review menguntungkan (misalnya, [17] ), versi Macintosh secara luas mencemooh. Many accused it of being slow, clumsy and memory intensive, and its user interface differed significantly from Word 5.1. [ 10 ] In response to user requests, Microsoft was forced to offer Word 5 again, after it had been discontinued. [ 18 ] Subsequent versions of Word for Macintosh are no longer ported versions of Word for Windows. Banyak menuduh itu sebagai lambat, canggung dan memori yang intensif, dan antarmuka pengguna yang berbeda secara signifikan dari Word 5.1. [10] Sebagai tanggapan atas permintaan pengguna, Microsoft terpaksa menawarkan Word 5 lagi, setelah itu telah dihentikan. [18] selanjutnya versi Word untuk Macintosh tidak lagi versi porting dari Word untuk Windows.
Word 2007 icon Word 2007 icon
Microsoft Word 2007 Microsoft Word 2007

[ edit ] Microsoft Word for Windows since 1995 [ sunting ] Microsoft Word untuk Windows sejak tahun 1995

Word 95 for Windows was the first 32-bit version of the product, released with Office 95 around the same time as Windows 95 . Word 95 for Windows versi 32-bit pertama dari produk, dirilis dengan Office 95 sekitar waktu yang sama dengan Windows 95 . It was a straightforward port of Word 6.0 and it introduced few new features, one of them being red-squiggle underlined spell-checking. [ 19 ] Starting with Word 95, releases of Word were named after the year of its release, instead of its version number. [ 20 ] Word 2010 allows more customization of the Ribbon, [ 21 ] adds a Backstage view for file management, [ 22 ] has improved document navigation, allows creation and embedding of screenshots, [ 23 ] and integrates with Word Web App . [ 24 ] Itu adalah port langsung dari Word 6.0 dan memperkenalkan beberapa fitur baru, salah satunya adalah merah-coretan digarisbawahi spell-checking. [19] Dimulai dengan Word 95, rilis Word diberi nama setelah tahun dari rilis, bukan nya nomor versi. [20] Word 2010 memungkinkan penyesuaian lebih Ribbon, [21] menambahkan tampilan Backstage untuk manajemen file, [22] telah meningkatkan navigasi dokumen, memungkinkan penciptaan dan embedding screenshot, [23] dan terintegrasi dengan Word Web App . [24]
Word for Mac 2008 icon Word untuk Mac 2008 ikon

[ edit ] Microsoft Word for Mac since 1995 [ sunting ] Microsoft Word untuk Mac sejak tahun 1995

In 1997, Microsoft formed the Macintosh Business Unit as an independent group within Microsoft focused on writing software for the Mac. Pada tahun 1997, Microsoft membentuk Unit Bisnis Macintosh sebagai kelompok independen dalam Microsoft terfokus pada penulisan perangkat lunak untuk Mac. Its first version of Word, Word 98, was released with Office 98 Macintosh Edition. Its versi pertama dari Word, Word 98, dirilis dengan Office 98 Macintosh Edition. Document compatibility reached parity with Word 97, [ 18 ] and it included features from Word 97 for Windows, including spell and grammar checking with squiggles. [ 25 ] Users could choose the menus and keyboard shortcuts to be similar to either Word 97 for Windows or Word 5 for Mac. Dokumen kompatibilitas mencapai paritas dengan Word 97, [18] dan termasuk fitur dari Word untuk Windows 97, termasuk pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dengan squiggles. [25] Pengguna dapat memilih menu dan shortcut keyboard untuk menjadi serupa dengan baik Word 97 untuk Windows atau Word 5 untuk Mac.
Word 2001, released in 2000, added a few new features, including the Office Clipboard , which allowed users to copy and paste multiple items. [ 26 ] It was the last version to run on classic Mac OS and, on Mac OS X , it could only run within the Classic Environment . Word 2001, dirilis pada tahun 2000, menambahkan beberapa fitur baru, termasuk Clipboard Office , yang memungkinkan pengguna untuk menyalin dan menyisipkan beberapa item. [26] Ini adalah versi terakhir untuk berjalan di klasik Mac OS dan, di Mac OS X , maka hanya bisa dijalankan dalam Lingkungan Classic . Word X, released in 2001, was the first version to run natively on, and required, Mac OS X, [ 25 ] and introduced non-contiguous text selection. [ 27 ] Kata X, yang dirilis pada tahun 2001, adalah versi pertama untuk berjalan secara native, dan diperlukan, Mac OS X, [25] dan-bersebelahan teks seleksi non diperkenalkan. [27]
Word 2004 was released in May 2004. Word 2004 dirilis pada Mei 2004. It included a new Notebook Layout view for taking notes either by typing or by voice. [ 28 ] Other features, such as tracking changes, were made more similar with Office for Windows. [ 29 ] Ini termasuk pandangan Notebook Layout baru untuk mengambil catatan baik dengan mengetik atau dengan suara. [28] Fitur-fitur lainnya, seperti perubahan pelacakan, dibuat lebih mirip dengan Office untuk Windows. [29]
Word 2008, released on January 15, 2008, included a Ribbon-like feature, called the Elements Gallery, that can be used to select page layouts and insert custom diagrams and images. Word 2008, dirilis pada tanggal 15 Januari 2008, termasuk fitur Ribbon-seperti yang disebut Galeri Unsur, yang dapat digunakan untuk memilih layout halaman dan menyisipkan diagram adat dan gambar. It also included a new view focused on publishing layout, integrated bibliography management, [ 30 ] and native support for the new Office Open XML format. Hal ini juga termasuk pandangan baru difokuskan pada tata letak penerbitan, manajemen bibliografi terpadu, [30] dan dukungan asli untuk Office Open XML format baru. It was the first version to run natively on Intel-based Macs. [ 31 ] Word 2011, released in October 2010, replaced the Elements Gallery in favor of a Ribbon user interface that is much more similar to Office for Windows, [ 32 ] and includes a full-screen mode that allows users to focus on reading and writing documents, and support for Office Web Apps . [ 33 ] Ini adalah versi pertama untuk menjalankan secara native di Mac berbasis Intel. [31] Word 2011, dirilis pada bulan Oktober 2010, menggantikan Galeri Elemen yang mendukung user interface Ribbon yang jauh lebih mirip dengan Office untuk Windows, [32] dan mencakup-mode layar penuh yang memungkinkan pengguna untuk fokus pada membaca dan menulis dokumen, dan dukungan untuk Office Web Apps . [33]

[ edit ] File formats [ sunting ] Format berkas

[ edit ] File extension [ sunting ] ekstensi file

Microsoft Word's native file formats are denoted either by a .doc or .docx file extension. asli format file Microsoft Word ditandai baik oleh doc. atau. docx ekstensi file.
Although the ".doc" extension has been used in many different versions of Word, it actually encompasses four distinct file formats: Meskipun ". Doc" perpanjangan telah digunakan dalam berbagai versi Word, itu benar-benar meliputi empat format file yang berbeda:
  1. Word for DOS Word untuk DOS
  2. Word for Windows 1 and 2; Word 4 and 5 for Mac Word untuk Windows 1 dan 2; Word 4 dan 5 untuk Mac
  3. Word 6 and Word 95 for Windows; Word 6 for Mac Word 6 dan Word 95 untuk Windows, Word 6 untuk Mac
  4. Word 97, 2000, 2002 and 2003 for Windows; Word 98, 2001, X, and 2004 for Mac Word 97, 2000, 2002 dan 2003 untuk Windows, Word 98, 2001, X, dan 2004 untuk Mac
The newer ".docx" extension signifies the Office Open XML international standard for Office documents and is used by Word 2007 and 2010 for Windows, Word 2008 and 2011 for the Macintosh, as well as by a growing number of applications from other vendors, including OpenOffice.org Writer , an open source word processing program. [ 34 ] Yang lebih baru "berarti ekstensi". Docx Office Open XML standar internasional untuk dokumen Office dan digunakan oleh Word 2007 dan 2010 untuk Windows, Word 2008 dan 2011 untuk Macintosh, serta oleh meningkatnya jumlah aplikasi dari vendor lainnya, termasuk OpenOffice.org Writer , sebuah open source program pengolah kata. [34]
Microsoft does not guarantee the correct display of the document on different workstations, even if the two workstations use the same version of Microsoft Word, primarily due to page layout depending on the current printer. [ 35 ] This means it is possible the document the recipient sees might not be exactly the same as the document the sender sees. Microsoft tidak menjamin tampilan yang benar dari dokumen pada workstation yang berbeda, bahkan jika dua workstation menggunakan versi yang sama dari Microsoft Word, terutama karena tata letak halaman bergantung pada printer saat ini. [35] Ini berarti ada kemungkinan dokumen penerima melihat mungkin tidak persis sama dengan dokumen pengirim melihat.

[ edit ] Binary formats (Word 97–2003) [ sunting ] format Binary (Word 97-2003)

During the late 1990s and early 2000s, the default Word document format ( .DOC ) became a de facto standard of document file formats for Microsoft Office users. Selama 1990-an dan awal 2000-an, default format dokumen Word ( . DOC ) menjadi de facto standar format file dokumen untuk Office pengguna Microsoft. Though usually just referred to as "Word Document Format", this term refers primarily to the range of formats used by default in Word version 97-2003. Meskipun biasanya hanya disebut sebagai "Word Document Format", istilah ini mengacu terutama ke berbagai format yang digunakan secara default pada Word versi 97-2003.
Word document files by using the Word 97-2003 Binary File Format implement OLE (Object Linking and Embedding) structured storage to manage the structure of their file format. file dokumen Word dengan menggunakan Word 97-2003 Binary File Format melaksanakan OLE (Object Linking and Embedding) penyimpanan terstruktur untuk mengelola struktur format file mereka. OLE behaves rather like a conventional hard drive file system and is made up of several key components. OLE berperilaku agak seperti sistem file drive konvensional keras dan terdiri dari beberapa komponen kunci. Each Word document is composed of so-called "big blocks" which are almost always (but do not have to be) 512-byte chunks; hence a Word document's file size will in most cases be a multiple of 512. Setiap dokumen Word terdiri dari apa yang disebut "blok besar" yang hampir selalu (tapi tidak harus) potongan 512 byte, maka ukuran file dokumen Word akan dalam kebanyakan kasus merupakan kelipatan dari 512.
"Storages" are analogues of the directory on a disk drive, and point to other storages or "streams" which are similar to files on a disk. "Penyimpanan" adalah analog dari direktori pada hard disk, dan arahkan ke penyimpanan lain atau "aliran" yang mirip dengan file pada disk. The text in a Word document is always contained in the "WordDocument" stream. Teks dalam dokumen Word selalu terkandung dalam aliran "WordDocument". The first big block in a Word document, known as the "header" block, provides important information as to the location of the major data structures in the document. Blok besar pertama dalam dokumen Word, yang dikenal sebagai blok "header", memberikan informasi penting tentang lokasi struktur data utama dalam dokumen. "Property storages" provide metadata about the storages and streams in a doc file, such as where it begins and its name and so forth. "Properti penyimpanan" menyediakan metadata tentang penyimpanan dan aliran dalam file doc, seperti mana ia dimulai dan nama dan sebagainya. The "File information block" contains information about where the text in a Word document starts, ends, what version of Word created the document and other attributes. "File blok informasi" berisi informasi tentang di mana teks dalam dokumen Word mulai, berakhir, apa versi Word menciptakan dokumen dan atribut lainnya.
Microsoft has published specifications for the Word 97-2003 Binary File Format. [ 36 ] Microsoft telah menerbitkan spesifikasi untuk Word 97-2003 Binary File Format. [36]
Word 2007 and 2010 continue to support the DOC file format, although it is no longer the default. Word 2007 dan 2010 terus mendukung format file DOC, meskipun tidak lagi default.

[ edit ] XML Document (Word 2003) [ sunting ] XML Document (Word 2003)

The XML format introduced in Word 2003 [ 37 ] was a simple, XML based format called WordprocessingML. Format XML diperkenalkan di Word 2003 [37] adalah sederhana, XML format berbasis disebut WordprocessingML.

[ edit ] Microsoft Office Open XML (Word 2007 and above) [ sunting ] Microsoft Office Open XML (Word 2007 dan di atas)

Word 2007 introduced a new XML-based file format called Office Open XML (OOXML). Word 2007 memperkenalkan format file berbasis XML baru yang disebut Office Open XML (OOXML). The version of OOXML that Word 2007 supports is the ECMA-376 standard, published by Ecma International . [ 38 ] After the release of Office 2007, OOXML underwent another round of standardization under the International Organization for Standardization (ISO). Versi Word 2007 OOXML yang mendukung adalah standar ECMA-376, yang diterbitkan oleh Ecma International . [38] Setelah merilis Office 2007, OOXML mengalami lain putaran standardisasi di bawah Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO). The standard, ISO/IEC 29500:2008, has two variants. Standar ini, ISO / IEC 29500:2008, memiliki dua varian. A Transitional variant is intended for legacy compatibility and is not supposed to be used to produce new documents. Sebuah varian Transisi dimaksudkan untuk kompatibilitas warisan dan tidak seharusnya digunakan untuk menghasilkan dokumen baru. A Strict variant is based on ISO's revisions and improvements to the ECMA standard. Sebuah varian ketat didasarkan pada ISO's revisi dan perbaikan standar ECMA.
Word 2010 supports reading and writing Transitional documents but only reading Strict documents. Word 2010 mendukung membaca dan menulis dokumen Transisi tetapi hanya membaca dokumen yang ketat. This caused consternation among members of the ISO Office Open XML subcommittee, who claimed that Microsoft was only paying lip service to the standards process. [ 39 ] In response, Microsoft said that the Strict schema will be fully supported no later than Office 15, the next major version after Office 2010. [ 40 ] Hal ini cemas disebabkan antara anggota dari Open Office XML subkomite ISO, yang menyatakan bahwa Microsoft hanya membayar lip service untuk proses standar. [39] Sebagai tanggapan, Microsoft mengatakan bahwa skema Ketat akan didukung penuh paling lambat Kantor 15, utama berikutnya versi setelah Office 2010. [40]
In August 2009, Canadian firm i4i sued Microsoft before the United States District Court for the Eastern District of Texas for infringing on a software patent involving custom XML in a document. [ 41 ] In December 2009, the judgment of the district court was affirmed by the United States Court of Appeals for the Federal Circuit . [ 42 ] An injunction was issued that banned Microsoft from selling copies of Word with the code that infringes on the patent after January 11, 2010. [ 43 ] Several days after the court ruling, Microsoft released a "mandatory patch" that brings the software into compliance with the court's decision. [ 44 ] [ 45 ] Pada bulan Agustus 2009, perusahaan Kanada i4i menggugat Microsoft sebelum Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Timur Texas untuk melanggar sebuah paten perangkat lunak melibatkan XML kustom dalam dokumen. [41] Pada bulan Desember 2009, keputusan dari pengadilan distrik itu ditegaskan oleh di Amerika Serikat Pengadilan Banding untuk Federal Circuit . [42] Sebuah perintah dikeluarkan yang melarang dari menjual salinan Microsoft Word dengan kode yang melanggar paten setelah 11 Januari 2010. [43] Beberapa hari setelah putusan pengadilan, Microsoft merilis sebuah "patch wajib" yang membawa perangkat lunak ke dalam sesuai dengan keputusan pengadilan. [44] [45]
In November 2010 the US supreme court agreed to hear an appeal by Microsoft. [ 46 ] The case was scheduled to be heard in court on April 18, 2011. [ 47 ] Pada bulan November 2010, pengadilan tertinggi AS setuju untuk mendengarkan banding oleh Microsoft. [46] Kasus ini dijadwalkan akan diperiksa di pengadilan pada tanggal 18 April 2011. [47]

[ edit ] Attempts at cross-version compatibility [ sunting ] Upaya di-versi kompatibilitas silang

Opening a Word Document file in a version of Word other than the one with which it was created can cause incorrect display of the document. Membuka file Word Dokumen dalam versi Word selain satu dengan yang diciptakan dapat menyebabkan layar tidak benar dokumen. The document formats of the various versions change in subtle and not so subtle ways (such as changing the font, or the handling of more complex tasks like footnotes), creating a "lock in" phenomenon to the base (proprietary) standard. [ 48 ] Formatting created in newer versions does not always survive when viewed in older versions of the program, nearly always because that capability does not exist in the previous version. [ 48 ] Rich Text Format (RTF), an early effort to create a format for interchanging formatted text between applications, is an optional format for Word that retains most formatting and all content of the original document. Format Dokumen dari berbagai versi perubahan halus dan tidak begitu cara yang halus (seperti mengubah font, atau penanganan tugas yang lebih kompleks seperti catatan kaki), menciptakan "kunci dalam" fenomena ke dasar (proprietary) standar. [48 ] Memformat dibuat dalam versi yang lebih baru tidak selalu bertahan hidup bila dilihat dalam versi program, hampir selalu karena kemampuan yang tidak ada dalam versi sebelumnya. [48] Rich Text Format (RTF), upaya awal untuk membuat format untuk bertukar teks yang diformat antara aplikasi, adalah format opsional untuk Word yang menyimpan konten yang paling format dan semua dokumen asli. Later, after HTML appeared, Word supported an HTML derivative as an additional full-fidelity roundtrip format similar to RTF, with the additional capability that the file could be viewed in a web browser. Kemudian, setelah HTML muncul, Word didukung sebuah derivatif HTML sebagai format ulang-alik penuh kesetiaan tambahan yang mirip dengan RTF, dengan kemampuan tambahan bahwa file tersebut dapat dilihat di web browser.

[ edit ] Third party formats [ sunting ] format pihak ketiga

Plugins permitting the Windows versions of Word to read and write formats it does not natively support, such as international standard OpenDocument format (ODF) (ISO/IEC 26300:2006), are available. Plugin yang memungkinkan versi Windows Word untuk membaca dan menulis format tidak native mendukung, seperti standar internasional OpenDocument format (ODF) (ISO / IEC 26300:2006), yang tersedia. Up until the release of Service Pack 2 (SP2) for Office 2007, Word did not natively support reading or writing ODF documents without a plugin, namely the SUN ODF Plugin or the OpenXML/ODF Translator . Sampai rilis Service) Pack 2 (SP2 untuk Office 2007, Word tidak native mendukung membaca atau menulis dokumen ODF tanpa sebuah plugin, yaitu SUN ODF Plugin atau OpenXML / ODF Translator . With SP2 installed, ODF format 1.1 documents can be read and saved like any other supported format in addition to those already available in Word 2007. [ 49 ] [ 50 ] [ 51 ] [ 52 ] [ 48 ] The implementation faces substantial criticism , and the ODF Alliance and others have claimed that the third party plugins provide better support. [ 53 ] Microsoft later declared that the ODF support has some limitations. [ 54 ] Dengan SP2 diinstal, format ODF 1.1 dokumen dapat dibaca dan disimpan seperti format yang didukung lain selain yang sudah tersedia dalam Word 2007. [49] [50] [51] [52] [48] pelaksanaan menghadapi kritik besar , dan tersebut Aliansi ODF dan lain-lain telah mengklaim bahwa plugin pihak ketiga memberikan dukungan yang lebih baik. [53] Microsoft kemudian menyatakan bahwa dukungan ODF memiliki beberapa keterbatasan. [54]
In October 2005, one year before the Microsoft Office 2007 suite was released, Microsoft declared that there was insufficient demand from Microsoft customers for the international standard OpenDocument format support, and that therefore it would not be included in Microsoft Office 2007. Pada bulan Oktober 2005, satu tahun sebelum Microsoft Office 2007 suite dirilis, Microsoft menyatakan bahwa ada permintaan cukup dari pelanggan Microsoft untuk mendukung format OpenDocument standar internasional, dan karenanya tidak akan disertakan dalam Microsoft Office 2007. This statement was repeated in the following months. [ 55 ] [ 56 ] [ 57 ] [ 58 ] As an answer, on October 20, 2005 an online petition was created to demand ODF support from Microsoft. [ 59 ] The petition was signed by approximately 12000 people. [ 60 ] Pernyataan ini diulang pada bulan-bulan berikutnya. [55] [56] [57] [58] Sebagai jawaban, pada tanggal 20 Oktober 2005 petisi online yang diciptakan untuk permintaan dukungan ODF dari Microsoft. [59] Petisi itu ditandatangani oleh sekitar 12.000 orang. [60]
In May 2006, the ODF plugin for Microsoft Office was released by the OpenDocument Foundation. [ 61 ] Microsoft declared that it had no relationship with the developers of the plugin. [ 62 ] Pada bulan Mei 2006, plugin ODF untuk Microsoft Office dirilis oleh Yayasan OpenDocument. [61] Microsoft menyatakan bahwa mereka tidak punya hubungan dengan pengembang plugin. [62]
In July 2006, Microsoft announced the creation of the Open XML Translator project – tools to build a technical bridge between the Microsoft Office Open XML Formats and the OpenDocument Format (ODF). Pada bulan Juli 2006, Microsoft mengumumkan penciptaan proyek Open XML Translator - alat untuk membangun jembatan teknis antara Microsoft Office Open XML Format dan Format OpenDocument (ODF). This work was started in response to government requests for interoperability with ODF. Karya ini dimulai sebagai tanggapan atas permintaan pemerintah untuk interoperabilitas dengan ODF. The goal of project was not to add ODF support to Microsoft Office, but only to create a plugin and an external toolset. [ 63 ] [ 64 ] In February 2007, this project released a first version of the ODF plugin for Microsoft Word. [ 65 ] Tujuan proyek ini tidak untuk menambahkan dukungan ODF untuk Microsoft Office, tetapi hanya untuk membuat sebuah plugin dan toolset eksternal. [63] [64] Pada bulan Februari 2007, proyek ini merilis versi pertama dari plugin ODF untuk Microsoft Word. [ 65]
In February 2007, Sun released an initial version of its ODF plugin for Microsoft Office. [ 66 ] Version 1.0 was released in July 2007. [ 67 ] Pada bulan Februari 2007, Sun merilis versi awal nya plugin ODF untuk Microsoft Office. [66] Versi 1.0 dirilis pada Juli 2007. [67]
Microsoft Word 2007 (Service Pack 1) supports (for output only) PDF and XPS formats, but only after manual installation of the Microsoft 'Save as PDF or XPS' add-on. [ 68 ] [ 69 ] Microsoft Word 2007 (Service Pack 1) mendukung (untuk output saja) PDF dan XPS format, tetapi hanya setelah instalasi manual dari Microsoft 'Simpan sebagai PDF atau XPS' add-on. [68] [69]

[ edit ] Features and flaws [ sunting ] Fitur dan kekurangan

Word has a built-in spell checker, thesaurus, dictionary, Office Assistant and utilities for transferring, copy, pasting and editing text, such as PureText . Word memiliki built-in spell checker, thesaurus, kamus, Kantor Asisten dan utilitas untuk mentransfer, copy, paste dan mengedit teks, seperti PureText .

[ edit ] Normal.dot [ sunting ] Normal.dot

Normal.dot is the master template . Normal.dot adalah master template .

[ edit ] WordArt [ sunting ] WordArt

WordArt enables drawing text in a Microsoft Word document such as a title, watermark, or other text, with graphical effects such as skewing, shadowing, rotating, stretching in a variety of shapes and colors and even including three-dimensional effects, starting at version 2007, and prevalent in Office 2010. WordArt memungkinkan gambar teks dalam dokumen Word Microsoft seperti judul, watermark, atau teks lainnya, dengan efek grafis seperti skewing, membayangi, berputar, peregangan dalam berbagai bentuk dan warna dan bahkan termasuk efek tiga-dimensi, mulai dari versi 2007, dan lazim di Office 2010. Users can apply formatting effects such as shadow, bevel, glow, and reflection to their document text as easily as applying bold or underline. Pengguna dapat menerapkan format efek seperti bayangan, bevel, cahaya, dan refleksi untuk teks dokumen mereka semudah menerapkan tebal atau menggarisbawahi. Users can also spell-check text that uses visual effects, and add text effects to paragraph styles. Pengguna juga dapat memeriksa ejaan teks yang menggunakan efek visual, dan menambahkan efek teks ke style paragraf.

[ edit ] Macros [ sunting ] Macro

Like other Microsoft Office documents, Word files can include advanced macros and even embedded programs. Seperti Microsoft Office dokumen, file Word dapat mencakup maju macro dan tertanam program bahkan. The language was originally WordBasic , but changed to Visual Basic for Applications as of Word 97. Bahasa ini awalnya WordBasic , tapi berpindah ke Visual Basic for Applications per Word 97.

1 komentar:

  1. Coin Casino Review | Bonus Codes | Play Now
    The casino has been online since หาเงินออนไลน์ 1998 and has been 인카지노 a reliable and trusted gambling site since 2005. There are a variety of payment options, kadangpintar promotions,  Rating: 3.7 · ‎Review by CasinoWow

    BalasHapus