Senin, 24 Januari 2011


1.     Standar port input/output komputer beserta pengertiannya
I/O adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus melalui suatu aliran data dari proses ke peranti (begitu pula sebaliknya). Fungsi :Fungsi i/o Pada dasarnya adalah mengimplementasikan algoritma I/O pada level aplikasi. Hal ini dikarenakan kode aplikasi sangat fleksible, dan bugs aplikasi tidak mudah menyebabkan sebuah sistem crash.

Port I/O yang berarti gerbang konektor Input/Output pada komputer, seperti pada keyboard, mouse paralel/serial ataupun USB.
Menyediakan koneksi untuk piranti eksternal seperti kamera digital, printer dan scanner.

Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.

*
Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse.

*
Unit output biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.

Bagian input (masukan) dan juga keluaran (output) ini juga memerlukan sinyal kontrol, antara lain untuk baca I/O (Input/Ouput Read [IOR]) dan untuk tulis I/O (Input/Output Write [IOW]).

Komputer terbagi menjadi 3 bagian :
1. Hardware (Perangkat Keras)
Peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer.
2. Software (Perangkat Lunak)
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki.
3. Brainware (Perangkat pikir)
Orang yang menggunakan komputer

Hardware terdiri dari :
Input Device
Process Device
Output Device

Macam-macam I/O:

1.Konektor RJ 45

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh68bCQwPmfryj8okNQkCj17hndL5PxaEgFZYrwTgIg7NVuHVDpHyG7LZjBGxwYTGT91Plksyko2UsHl7Ck3-eaa8VFqr1m8KCOHOqJfUSBGuE3SEYwrYPxjnRavwO9CBTAUjjEQdXHN08/s1600/10.jpg
Pengertian :Digunakan untuk koneksi Ethernet pada komputer dan perangkat jaringan Ethernet lainnya seperti router dan aktif dan juga modem dan juga perangakat lain yang mendukung interface Ethernet RJ45.Fungsi :Menyambungkan network antara komputer dengan komputer.

2. USB ( Universal Serial Bus )

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNtsSUeJh2LcEwHIqnZNfXcoTnx3g8fwTzzfkJaWf7daKA5s9kGfBS9BZTnFSS2ONf1sCCR8WI5IizCHsg1nTf-P6AliKgVc5UkDOkztxoGzl0Y7UZ7npDApy_5jjOzxxbHMkwdL-I2QQ/s1600/images.jpeg

Pengertian :Port standard yang ada di komputer saat ini.Konektor-konektor USB tersebut dapat ditancapi berbagai perangkat mulai dari mouse sampai printer secara mudah dan cepat. Fungsi :perangkat baru yang belum pernah terinstal di komputer anda sebelumnya, sistem operasi komputer anda secara otomatis akan mencoba mengenalinya dengan auto detect.

Struktur I/O
Bagian ini akan membahas struktur I/O, interupsi I/O, dan DMA, serta perbedaan dalam penanganan interupsi.


Interupsi I/O
Untuk memulai operasi I/O, CPU me-load register yang bersesuaian ke device controller. Sebaliknya device controller memeriksa isi register untuk kemudian menentukan operasi apa yang harus dilakukan. Pada saat operasi I/O dijalankan ada dua kemungkinan, yaitu synchronous I/O dan asynchronous I/O. Pada synchronous I/O, kendali dikembalikan ke proses pengguna setelah proses I/O selesai dikerjakan. Sedangkan pada asynchronous I/O, kendali dikembalikan ke proses pengguna tanpa menunggu proses I/O selesai. Sehingga proses I/O dan proses pengguna dapat dijalankan secara bersamaan.


Proteksi I/O
Pengguna bisa mengacaukan sistem operasi dengan melakukan instruksi I/O ilegal dengan mengakses lokasi memori untuk sistem operasi atau dengan cara hendak melepaskan diri dari prosesor. Untuk mencegahnya kita menganggap semua instruksi I/O sebagai privilidge instruction sehingga mereka tidak bisa mengerjakan instruksi I/O secara langsung ke memori tapi harus lewat sistem operasi terlebih dahulu. Proteksi I/O dikatakan selesai jika pengguna dapat dipastikan tidak akan menyentuh mode monitor. Jika hal ini terjadi proteksi I/O dapat dikompromikan.


Managemen Sistem I/O
Sering disebut device manager. Menyediakan "device driver" yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam (membuka, membaca, menulis, menutup). Contoh: pengguna menggunakan operasi yang sama untuk membaca berkas pada hard-disk, CD-ROM dan floppy disk.
Komponen Sistem Operasi untuk sistem I/O:
· Buffer: menampung sementara data dari/ ke perangkat I/O.
· Spooling: melakukan penjadualan pemakaian I/O sistem supaya lebih efisien (antrian dsb.).
· Menyediakan driver untuk dapat melakukan operasi "rinci" untuk perangkat keras I/O tertentu.


CU (Control Unit)
Digunakan untuk mengatur dan menjalankani instruksi dalam urutan yang telah ditetapkan.

ALU(Arithmatic and Logic Unit)
Bagian perangkat keras yang berhubungan langsung dengan perhitungan arithmatic.

RAM (Random Access Memory)
Memori yang membaca dan menulis.

ROM (Read Only Memory)
Memori yang dapat membaca saja.

Peralatan Input
a. Keyboard
b. Mouse
c. Joystick
d. Scanner
e. Lightpen
f. Trackball
g. Touch Sreen
h. Magnetic Ink Character Reader (MICR)
i. Optical Character Reader (OCR)
j. Optical Mark Recognition (OMR) Reader
k. dll

Perangkat Output
a. Monitor
b. Printer dan Plotter
c. Proyektor
d. Microform

Peralatan Input / Output
a. Disk Drive
b. Tape Drive
c. Modem (Modulator Demudolator)
d. Ethernet
e. PCMCIA
f. Hub
g. Switch
h. Print Server
i. Input / Output Card (I / O Card)
j. SCII Card
k. Terminal
l. CD – Room (Compac Disk-Read Only memory)
m. CD-Read and writer
n. DVD-Room
o. DVD-Read and Writer


2.pengertian
a) ISA adalah teknologi antarmuka untuk menghubungkan perangkat komputer yang sudah mulai ditinggalkan. Perangkat komputer yang menggunakan ISA diantaranya modem dan sound card. ISA jauh lebih lambat dari PCI, sehingga peralatan PCI secara umum lebih baik apabila anda mempunyai pilihan. ISA semakin lama semakin sedikit digunakan dan untuk seterusnya akan ditinggalkan sama sekali. Hampir seluruh motherboard yang baru dikeluarkan dalam waktu dekat ini memiliki dua, satu, atau tidak ada sama sekali slot ISA.
b)EISA(Extended/Enhanced Industry Standard Architecture) adalah sebuah bus I/O yang diperkenalkan pada September 1988 sebagai respons dari peluncuran bus MCA oleh IBM, mengingat IBM hendak "memonopoli" bus MCA dengan mengharuskan pihak lain membayar royalti untuk mendapatkan lisensi MCA. Standar ini dikembangkan oleh beberapa vendor IBM PC Compatible, selain IBM, meskipun yang banyak menyumbang adalah Compaq Computer Corporation. Compaq jugalah yang membentuk EISA Committee, sebuah organisasi nonprofit yang didesain secara spesifik untuk mengatur pengembangan bus EISA. Selain Compaq, ada beberapa perusahaan lain yang mengembangkan EISA yang jika diurutkan, maka kumpulan perusahaan dapat disebut sebagai WATCHZONE:
c)VESA
(Video Electronics Standards Association, Milpitas, CA, www.vesa.org) A membership organization founded in 1989 that sets interface standards for the PC, workstation and computing environments. (Video Electronics Standards Association, Milpitas, CA, www.vesa.org) Sebuah organisasi keanggotaan didirikan pada tahun 1989 yang menetapkan standar antarmuka untuk workstation, PC dan lingkungan komputasi. Note the VESA standards following this entry. Catatan standar VESA berikut entri ini.

d) PCI (kepanjangan dari bahasa Inggris: Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Komputer lama menggunakan slot ISA, yang merupakan bus yang lamban. Sejak kemunculan-nya sekitar tahun 1992, bus PCI masih digunakan sampai sekarang, hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express (add-on).
e)AGP (A ccelerated G raphics P ort, an interface specification developed by Intel Corporation . Pendek untuk A raphics P G ortir ccelerated, spesifikasi interface yang dikembangkan oleh Intel Corporation . AGP is based on PCI , but is designed especially for the throughput demands of 3-D graphics . AGP berbasis pada PCI , tetapi dirancang khusus untuk throughput tuntutan -D grafis 3 . Rather than using the PCI bus for graphics data, AGP introduces a dedicated point-to-point channel so that the graphics controller can directly access main memory . Daripada menggunakan bus PCI untuk data grafis, AGP memperkenalkan titik khusus point-to- channel sehingga grafis controller langsung dapat mengakses memori utama . The AGP channel is 32 bits wide and runs at 66 MHz . Saluran AGP adalah 32 bit luas dan berjalan pada 66 MHz . This translates into a total bandwidth of 266 MBps , as opposed to the PCI bandwidth of 133 MBps. Hal ini berarti total bandwidth dari 266 MBps , yang bertentangan dengan bandwidth PCI 133 MBps. AGP also supports two optional faster modes, with throughputs of 533 MBps and 1.07 GBps. AGP juga mendukung dua mode lebih cepat opsional, dengan throughputs dari 533 MBps dan 1,07 Gbps. In addition, AGP allows 3-D textures to be stored in main memory rather than video memory. Selain itu, AGP memungkinkan tekstur 3-D untuk disimpan dalam memori utama daripada memori video.
AGP has a couple important system requirements: AGP memiliki beberapa persyaratan sistem yang penting:
  The chipset must support AGP. The chipset harus mendukung AGP.
  The motherboard must be equipped with an AGP bus slot or must have an integrated AGP graphics system. The motherboard harus dilengkapi dengan slot AGP bus atau harus memiliki grafis AGP sistem yang terintegrasi.
  The operating system must be the OSR 2.1 version of Windows 95 , Windows 98 or Windows NT 4.0. Sistem operasi harus menjadi OSR 2.1 versi Windows 95 , Windows 98 atau Windows NT 4.0. And currently, many professional Macintoshes support AGP. Dan saat ini, banyak profesional Macintoshes dukungan AGP.
AGP-enabled computers and graphics accelerators hit the market in August, 1997. AGP-enabled komputer dan grafis akselerator menekan pasar pada bulan Agustus, 1997. However, there are several different levels of AGP compliance. Namun, ada beberapa tingkat kepatuhan AGP. The following features are considered optional: Fitur berikut dianggap opsional:
f)PCI expres A-tinggi kecepatan perangkat interkoneksi dari Intel yang diperkenalkan pada tahun 2002. Note that although sometimes abbreviated "PCX," PCI Express is not the same as "PCI-X" (see PCI-SIG and PCI-X for comparison). Perhatikan bahwa meskipun kadang-kadang disingkat "PCX," Express PCI tidak sama dengan "PCI-X" (lihat PCI-SIG dan PCI-X untuk perbandingan). As a result of the confusion, "PCI-E" or "PCIe" is the accepted abbreviation. Sebagai hasil dari kebingungan, "PCI-E" atau "PCIe" adalah singkatan diterima.
Initially used for high-speed display adapters, and intending to eventually replace the PCI and AGP buses entirely, PCI Express was designed to match the higher speeds of today's CPUs. Awalnya digunakan untuk adapter layar berkecepatan tinggi, dan berniat untuk akhirnya menggantikan PCI dan AGP bus sepenuhnya, PCI Express dirancang agar sesuai dengan kecepatan yang lebih tinggi dari CPU saat ini. It can accommodate Gigabit and 10 Gigabit Ethernet and even support chip-to-chip transfers. Hal ini dapat menampung dan 10 Gigabit Ethernet Gigabit, dan bahkan mendukung transfer chip-ke-chip.



1 komentar:

  1. Grand Casinos - Mapyro
    Grand Casinos in 군포 출장샵 Washington State. Map. Grand Casinos is a travel website that focuses 서산 출장안마 on the development and operation of casino and 사천 출장마사지 entertainment, Distance to airport: 충청남도 출장안마 17.6 양산 출장샵 miNearest airport: Seattle International Airport

    BalasHapus